Rabu, 19 Juni 2013

ISU PERMUKIMAN NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG


 Isu pemukiman kota pada dasarnya dapat terjadi baik di negara maju maupun berkembang. hal ini dikarenakan adanya ketidakseimbangan.
 
ISU PEMUKIMAN NEGARA BERKEMBANG
1.    Kependudukan
Meningkatnya jumlah penduduk menyebabkan maraknya permukiman kumuh di perkotaan. Komunitas lokal tersisih akibat orientasi pembangunan yang terfokus pada pengejaran target melalui proyek pembangunan baru, berorientasi ke pasar terbuka dan terhadap kelompok masyarakat yang mampu dan menguntungkan

2.    Tata ruang dan Pengembangan wilayah
Yaitu pertumbuhan kota yang berkelanjutan mengenai keamanan, energi, dan infrastruktur, terutama yang terkait dengan pemukiman
      semakin pesatnya pembangunan yang dilakukan pada kota, sehingga daerah pedesaan semakin tertinggal. Pesatnya pembangunan perumahan diperkotaan banyak yang tidak sesuai dengan rencana umum tataruang kota, inilah yang menyebabkan keadaan perkotaan semakin hari semakin tidak jelas arah pengembangannya.

3.    Pertanahan dan Prasarana
Meliputi peningkatan akses fasilitas dasar masyarakat (air bersih, tempat tinggal, sanitasi, lingkungan yang bersahabat)
      perkembangan tak terkendali daerah yang memiliki potensi untuk tumbuh dengan mengabaikan sektor lainnya seperti sektor pertanian, hal ini berakibat pada semakin tingginya alih fungsi lahan sawah. Ironisnya alih fungsi terjadi pada sawah lestari, dengan lokasi yang relatif datar/landai cocok untuk pengembangan permukiman atau industri/perdagangan.

4.    Pembiayaan.
kemampuan ekonomis masyarakat untuk menjangkau harga rumah yang layak bagi mereka masih sangat susah sekali, karena sebagian besar masyarakat merupakan masyarakat dengan tingkat perekonomian menengah kebawah

5.    Teknologi, Industri Bahan Bangunan dan Industri Jasa Konstruksi
terjadi masalah lingkungan yang serius di daerah yang mengalami tingkat urbanisasi dan industrialisasi tinggi, serta eksploitasi sumber daya alam.

6.    Kelembagaan
pengembangan unsur-unsur pelaksana pembangunan yang harus lebih dikembangkan lagi, khususnya kelembagaan pada tingkat daerah, baik itu yang bersifat formal maupun non-formal yang dapat mendukung swadaya masyarakat dalam bidang perumahan dan permukiman.

7.    Peranserta Masyarakat

8.    Peraturan Perundang-undangan
Peraturan dan perundang-undangan merupakan landasan hukum bagi penerapan berbagai kebijaksanaan dasar maupun kebijaksanaan pelaksanaan di bidang pemerintahan maupun bidang pembangunan.

ISU PEMUKIMAN NEGARA MAJU:
1.    Pemanasan global
Dimana meningkatnya tingkat pemanasan global mengharuskan pembangunan yang tanggap terhadap iklim dan cuaca yang tidak menentu.

2.    Ekonomi
Dimana perputaran ekonomi negara maju merupakan salah satu faktor penyedia segala kebutuhan.

3.    Sosial
Seperti halnya negara berkembang, faktor sosial juga merupakan salah satu isu permukiman kota dimana kesejahteraan dan baiknya sebuah tatanan permukiman kota juga dipengaruhi oleh sosial kota.

SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar